Terapkan 8 Cara Ini Agar Merekam Video di Android Hasilnya Maksimal

advertisement
advertisement
Saat ini terdapat banyak smartphone android dengan harga terjangkau namun memiliki kualitas yang bagus. Salah satu kelebihan dari ponsel android yang diinginkan oleh orang banyak yakni kualitas kameranya. 

Mempunyai kualitas kamera yang bagus tentu merupakan sebuah keuntungan. Dimana nantinya kita bisa memanfaatkan kamera tersebut untuk berbagai hal, baik memotret maupun merekam. Para perusahaan smartphone pun kini saling berlomba-lomba untuk memberikan fasilitas kamera terbaik agar disukai oleh banyak kalangan.

Mungkin memiliki kamera bagus saja tidaklah cukup, karena salah satu cara untuk mengambil moment  agar hasilnya bagus yakni dengan menggunakan beberapa trik tersendiri. Jika hasilnya bagus, tentu semua orang akan menyukai hasil buah tanganmu bukan.

Merekam Video di Android yang Benar

Cara-cara berikut tentunya sangat sederhana dan mudah untuk langsung kamu terapkan. Dari pada penasaran, langsung saja ini dia langkah-langkahnya

1. Bersihkan Kaca Lensa

Pengguna android kebanyakan tidak menghiraukan kebersihan lensa kameranya. Padahal, hal inilah yang menjadi pengaruh ketajaman gambar saat kita mengambil gambar ataupun merekam video. Secara tidak sadar kita mungkin sering menyentuh bagian kamera, sedangkan tangan kita tidak selalu bersih.

Cara membersihkannya cukup mudah, kamu bisa menggunakan tissue atau kaos yang masih bersih. Jika perlu basahi air sedikit ke tissue atau kaos yang ingin kamu gunakan untuk membersihkan kamera. Bilas bagian kamera secara keseluruhan hingga benar-benar bersih. Kemudian gunakan tissue kering sebagai finishing.

Melakukan pembersihan pada bagian kamera memang harus rutin dilakukan, bukan hanya saat ingin mengambil video saja, tapi setiap saat. 

2. Gunakan Kedua Tangan Untuk Merekam

Meskipun terdengar sepele, hal inilah yang juga berpengaruh untuk meningkatkan kualitas video yang akan kita ambil. Kita biasanya menggunakan satu tangan untuk melakukan shooting video, padahal hal ini sebaiknya tidak dilakukan. Karena jika kita menggunakan satu tangan, tentu fokus pada objek akan bergetar-getar, sehingga gambar yang direkam pun akan goyang dan tidak fokus.

Jika kedua tanganmu terasa pegal untuk merekam video dengan durasi lama, gunakanlah sandaran dengan benda-benda yang kokoh yang tidak mudah goyah. Namun, tetaplah gunakan kedua tangan untuk mendapatkan kualitas video yang bagus.

3. Jangan Tutupi Microphone

Seringkali kita tidak sadar dengan menutupi bagian microphone, padahal ini sangatlah mengganggu fungsi dari microphone tersebut. Karena ketika kita menghalangi bagian tersebut, suara yang dihasilkan nantinya akan menjadi kurang baik. 

Jika sedang mengambil sebuah video, sebaiknya perhatikan juga posisi tangan kita agar tidak mengganggu bagian microphone.


4. Mengambil Video Secara Horizontal

Jangan pernah mengambil video secara vertikal, karena hal ini tidak di anjurkan. Maka gunakanlah posisi menyamping atau horizontal saat kamu ingin mengambil video. Karena selain mudah, posisi ini juga akan merekam bagian belakang objek secara luas. Misalnya seperti pemandangan, bangunan, dan lain sebagainya.

Jika kamu kurang percaya, cobalah bandingkan hasilnya saat kamu mengambil video secara vertikal dengan horizontal, akan lebih bagus mana.

5. Jangan Zoom Video

Melakukan zoom pada sebuah objek tentu akan menyebabkan gambar yang dihasilkan jadi kurang baik, atau lebih buruknya lagi gambar menjadi pecah-pecah. Usahakanlah saat kita ingin mengambil video gunakan posisi yang tepat agar tidak perlu melakukan zoom nantinya. Hal ini juga berguna pada saat kamu melakukan pengambilan foto.

6. Hindari Kontras Cahaya Yang Tinggi

Perhatikan intensitas cahaya yang tinggi saat kamu melakukan pengambilan video, karena hal ini akan membuat kualitas video menjadi buruk. Karena jika kita berada pada kontras cahaya yang tinggi saat shooting video, hal ini akan mempersulit smartphone. Smartphone akan berusaha untuk menyeimbangkan cahaya pada area tersebut.

Sebaiknya hindari kontras cahaya yang tinggi dengan berpaling pada area yang memiliki kontras cahaya yang tidak begitu tinggi. 

7. Hindari Kontras Cahaya Dari Gelap Ke Terang

Kamu juga sebaiknya menghindari hal ini, karena jika kamu melakukan pergerakan dari gelap ke terang maka secara langsung akan membuat kontras atau penerangan menjadi tidak balance. Saat melakukan pergerakan ini biasanya akan timbul bayangan berwarna putih yang mengganggu view kamera. Maka sebaiknya hindari hal ini.

8. Gunakan Fitur HDR

Gunakanlah fitur HDR atau high-dynamic-range ketika kamu ingin mengambil video. Karena fitur ini dapat mengambil video dengan kontras yang lebih baik daripada mode standart. Apalagi pada saat kamu mengambil video di outdoor atau luar ruangan, maka hasil yang didapat akan sangat bagus.

Nah, itulah beberapa cara sederhana yang bisa kamu lakukan untuk mendapatkan hasil rekaman video yang baik. Semoga tips tersebut berguna untukmu, ya!

Sampaikan tanggapan & pertanyaanmu via kolom komentar di bawah ini:

Post a Comment