Cara Mengatasi Sim Card Nano Tidak Terbaca di Android & iPhone

advertisement
advertisement
Penggunaan sebuah ponsel jelas tidak lengkap tanpa ada peranan dari sebuah Simcard. Simcard ini sendiri sangat berfungsi bagi kelangsungan hidup pengguna, mulai dari berkomunikasi lewat telepon, sms, bersocial media, dan lain sebagainya. Nah, seiring perkembangan teknologi gadget khususnya smartphone, terdapat berbagai jenis SIM Card, mulai dari Mini, Micro, dan Nano SIM Card.

Fungsinya sebenarnya sama, yakni sebagai alat bantu pengguna dalam menjalankan berbagai kegiatan penting di ponselnya. Yang berbeda hanyalah bentuk ukurannya saja. Misalnya seperti yang tertera pada ukuran baju, mulai dari XL, L, M, dan S. itu semua dapat kita pilih sesuai kecocokan.

SIM atau kepanjangan dari Subscriber Identity Module ini memiliki fungsi yang sama, yakni sebagai alat bantu atau media penyimpanan yang disematkan di ponsel. Semakin kecil SIM Card yang kamu gunakan, maka semakin besar pula ruang atau kapastias yang dapat dimanfaatkan.

Generasi SIM Card terbaru saat ini yaitu Nano SIM Card. Jenis kartu ini merupakan generasi keempat yang memiliki ukuran paling kecil dari jenis Simcard lainnya. Biasanya pengguna banyak mempermasalahkan kartu jenis ini, salah satunya Simcard tidak terbaca. Jenis kartu Nano biasa kita jumpai pada ponsel atau smartphone yang canggih, misalnya seperti yang terdapat pada iPhone 5, Samsung Galaxy A3, dan masih banyak lagi.

Ketika kita membeli jenis kartu Nano disebuah counter, terkadang ada juga penjual yang memotong terlebih dahulu kartu tersebut sebelum diberikan ke pembeli. Cara memotong dengan menggunakan alat bantu seperti ini ternyata bisa berakibat fatal suatu saat, yakni kartu SIM Card tiba-tiba tidak terbaca. Dan ini terjadi kepada saya.

Padahal biasanya kartu-kartu keluaran terbaru sudah menyediakan beberapa potongan atau bagian yang bisa pengguna pilih. Ciri-ciri kartu Nano yang tidak perlu dipotong dengan alat bantu yakni terdapat garis atau bentuk menyerupai kartu kecil. Nah, pengguna nantinya hanya perlu mendorong bagian tersebut dengan tangan hingga kartu kecil tersebut terlepas.

Bagaimana jika sudah terlanjur membeli SIM Card Nano hasil potongan yang terkadang tidak terbaca? Tidak usah khawatir, kamu masih bisa menggunakannya sampai pulsa atau kuota di kartu tersebut kamu habiskan.

Nah, untuk lebih jelasnya mengenai cara mengatasi SIM Card Nano yang tidak terbaca, yuk simak tips berikut.

Android yang saya gunakan berikut adalah tipe Samsung Galaxy A3 2015 (SM-A300H)

1). Matikan androidmu terlebih dahulu.
2). Cabut kedua slot kartu, yakni sim kartu memory dan sim card.

Slot simcard dan micro sd

3). Kemudian, cabutlah kartu memory yang tertanam di slot microSD.
4). Setelah itu, cabut SIM Card dan masukkan ke slot microSD yang tadi kamu cabut. Miringkan SIM Card tersebut hingga menjadi seperti ini.

Slot nano simcard ke Micro SD

5). Jika sudah, pasang atau masukkan slot tersebut ketempat asalnya. Lalu nyalakan androidmu.

Untuk sementara, kamu tidak bisa menggunakan kartu memory dahulu. Dikarenakan slot microSD dipakai oleh SIM Card untuk sementara waktu. Kamu bisa menghabiskan pulsa atau kuota pada kartu tersebut. Maka sesudahnya kamu bisa membeli Nano SIM Card yang bukan hasil potongan.

Tips di atas biasanya bisa kamu terapkan pada perangkat android kelas menengah ke atas atau bahkan iPhone yang memiliki kartu berjenis Nano berukuran kecil.

Sampaikan tanggapan & pertanyaanmu via kolom komentar di bawah ini:

Post a Comment