Cara Menghapus Pesan BBM yang Sudah Terkirim Agar Tidak Terbaca

advertisement
advertisement
Aplikasi chatting yang cukup populer digunakan oleh pengguna android di berbagai negara yaitu BBM. BBM atau kepanjangan dari Blackberry Messenger ini dahulu mungkin hanya bisa digunakan pada perangkat Blackberry saja. Namun semenjak cross platform BBM ke android, sang developer terus mengembangkan aplikasi andalannya agar terus di cintai oleh penggunanya.

Pada 9 Mei 2016 lalu, tim BBM melakukan pembaharuan yakni perbaikan bugs serta penambahan fitur Retract Chat atau tarik obrolan. Fitur menarik pesan obrolan ini memiliki fungsi yang cukup baik dalam menjaga privasi dengan sesama pengguna. Misalnya saat BBMmu dibajak oleh temanmu, maka sebelum pesan tersebut di read, kamu bisa menarik atau menghapus pesan tersebut.

Fitur seperti ini tentu sangat menguntungkan pengguna dalam berbagai hal. Selain pembajakan, pengguna biasanya sering melakukan kesalahan baik dalam mengirim gambar atau mengetikkan teks typo. Jika kamu sudah terlanjur mengirim pesan gambar, teks, atau lainnya, maka kamu berkesempatan untuk dapat membatalkan pesan tersebut dengan menariknya melalui fitur retract chat.

Walaupun fitur tarik obrolan ini berfungsi untuk menghilangkan pesan atau gambar dari tampilan obrolan yang sudah terkirim, pengguna yang menerima pesan tersebut masih tetap bisa melihat konten dari pesan yang dikirim.

Pesan tarik obrolan ini hanya tersedia untuk BBM versi terbaru. Sayangnya fitur ini juga tidak bisa digunakan bagi pengguna android yang memiliki OS 2.3 (Gingerbread). Untuk dapat menikmati fitur ini, kamu harus melakukan pembaharuan aplikasi BBM melalui Play Store.

Cara Menghapus atau Menarik Pesan BBM di Android

Menarik Pesan BBM di Android
  1. Pastikan bahwa kamu sudah memperbaharui aplikasi BBM ke versi terbaru.
  2. Pilih obrolan BBM yang ingin kamu tarik atau hapus pesannya. Yakni dengan cara menekan chat tersebut selama satu detik sampai muncul beberapa menu seperti hapus, edit, salin, dan lainnya.
  3. Untuk dapat menghapus pesan tersebut, lakukan tap "Hapus" kemudian akan muncul dua pilihan, yaitu "Akhiri Obrolan" dan "Tarik Obrolan".
  4. Pilihlah "Tarik Obrolan" maka pesan yang telah terkirim tersebut secara otomatis akan terhapus atau ditarik. Dan setelah berhasil, maka akan muncul keterangan "Obrolan di Tarik" pada layar androidmu.

Ingat, fitur tarik obrolan ini dapat bekerja jika pesan yang kamu kirim belum terbaca atau di read oleh orang tersebut. Dengan adanya fitur seperti ini, jelas sangat membantu pengguna ketika salah mengirim informasi atau hal lainnya.

Baca juga:

Nah, itulah fitur retract chat yang bisa kamu pergunakan untuk menarik pesan dalam obrolan BBM di android. Semoga pihak BBM terus menambahkan fitur-fitur terbarunya untuk mempermudah pengguna dalam berbagai kepentingan.

Sampaikan tanggapan & pertanyaanmu via kolom komentar di bawah ini:

Post a Comment