Inilah 2 Cara Agar Layar Androidmu Tetap Terus Menyala

advertisement
advertisement
Pada dasarnya, setiap ponsel android memiliki batas waktu tunggu tampilan layar. Dengan tujuan agar pengguna dapat mengatur berapa lama tampilan layar androidnya dan akan mati jika sudah mencapai waktu yang ditetapkan. Hal seperti ini tentu sangat berguna sekali bagi pengguna yang sedang melakukan beberapa kegiatan, misalnya seperti bermain game, membaca, ataupun berkendara dengan melihat GPS melalui layar.

Selain itu juga, banyak pengguna android yang memberikan pola atau kata sandi terhadap ponselnya. Jika layar mati saat menjalankan aktifitas penting, maka hal tersebut sangatlah mengganggu kenyamanan kita. Terlebih lagi pengguna juga harus terlebih dahulu membuka pola atau kata sandi untuk dapat menjalankan aktifitasnya kembali.

Contoh kecil misalnya seperti saat kamu sedang berkendara menggunakan GPS. Penggunaan aplikasi map atau navigasi membutuhkan layar yang aktif dan hidup agar pengguna bisa melihat rute dan tujuannya. Kita tentu juga tidak bisa memegangi ponsel secara terus menerus ketika sedang berkendara, karena itu membahayakan diri sendiri dan orang lain.

Biasanya pengguna yang sedang berkendara menggunakan GPS, belum banyak mengetahui bagaimana cara agar membuat ponselnya tetap terus menyala. Keuntungan yang didapat yakni pengguna tidak perlu lagi menyentuh atau tap layar setiap menitnya agar tetap terus menyala. Nantinya pengguna cukup menaruh ponselnya dashboard mobil atau penyangga ponsel yang biasa digunakan oleh para ojek online.

Layar Android Tetap Menyala

Dengan begitu, maka layar android akan tetap terus menyala sampai ada perintah dari pengguna untuk mematikannya. Selain GPS, kamu juga bisa memanfaatkan cara tersebut untuk berbagai kegiatan lainnya di android. Sebelumnya kamu diharuskan mengunduh sebuah aplikasi yang berfungsi agar layar android tetap hidup atau menyala. Namun ada juga cara lain dengan mengatur durasi waktu layar melalui pengaturan.

1. Mengatur Durasi Waktu Sleep Menggunakan Aplikasi Wakey

Wakey: Keep Your Screen On
Wakey: Keep Your Screen On merupakan sebuah aplikasi yang berfungsi agar layar androidmu tetap dapat terus menyala. Aplikasi ini memiliki waktu sleep yang dapat di atur lebih lama dari batas waktu yang biasa disediakan oleh ponsel. Tersedia fitur pengaturan waktu yang dapat kamu sesuaikan dengan kebutuhanmu nantinya.

Tersedia juga beberapa pengaturan screen yang bisa kamu pilih sesuai selera, misalnya seperti CPU mode, dim sementara, sepenuhnya cerah, dan lainnya. Pilihan tersebut tergantung dengan apa yang kamu lakukan pada ponsel android. Berikut cara mengaktifkan fungsi dari aplikasi Wakey.
  1. Sebelumnya kamu harus terlebih dahulu menginstal aplikasi Wakey melalui Play Store.
  2. Jika sudah, bukalah aplikasinya dan kamu akan disugkan dengan ikon bulat dilayar. Untuk dapat mengaktifkannya, kamu perlu menekan ikon tersebut hingga lampu berwarna kuning.
  3. Kamu juga bisa mengatur waktu sleep sesukanya. Yakni dengan cara mentap tombol durasi waktu yang berada di pojok kanan atas.
  4. Dan kemudian kamu tinggal mengatur berapa lama androidmu tetap terus menyala. Hours (H) berarti jam, dan Minute (M) berarti menit. Silahkan kamu sesuaikan dengan kebutuhanmu.
  5. Nah, untuk menonaktifkannya, kamu hanya perlu mematikan ikon lampu hingga warna lampu berubah menjadi gelap dan tidak berwarna.
  6. Selesai.

    2. Mengatur Durasi Waktu Sleep Melalui Pengaturan

    Pada dasarnya setiap ponsel android bawaan pabrik memiliki fitur waktu sleep atau durasi waktu lampu mati sesuai dengan ketentuan. Mulai dari hitungan detik, menit, maka ponsel tersebut nantinya akan mati dan terkunci dengan sendirinya. Biasanya durasi yang ditetapkan oleh setiap ponsel berbeda-beda.

    Bagi kamu yang ingin mencoba mengatur waktu sleep tanpa menggunakan aplikasi, maka kamu bisa melakukannya melalui pengaturan di ponselmu. Yakni dengan cara menuju Pengaturan > Tampilan > Waktu Tunggu Tampilan Layar > pilih durasi yang paling lama. 

    Mungkin setiap ponsel memiliki ketetapan durasi waktu tunggu atau waktu sleep berbeda-beda. Bagi kamu yang kurang puas dengan waktu tunggu yang ditetapkan oleh fitur dari ponsel bawaan pabrik, maka kamu bisa menggunakan cara pertama, yakni menggunakan aplikasi Wakey.

    Sampaikan tanggapan & pertanyaanmu via kolom komentar di bawah ini: