Cara Ampuh Mengatasi Masalah Jaringan Android Selalu Edge

advertisement
advertisement
Internet merupakan sebuah jaringan atau koneksi yang mampu mengakses apa saja secara online. Dengan adanya internet, kita dapat memanfaatkan berbagai kebutuhan, seperti mencari infromasi, mengirim data, dan sebagainya. Tentu kita juga harus mempunyai perangkat pendukung agar dapat menggunakannya, seperti smartphone.

Agar dapat mempergunakan internet, kita harus terlebih dahulu melakukan pembelian paket data supaya mempunyai sebuah koneksi. Tentunya paket data tersebut tidaklah gratis. Masing-masing provider khususnya di indonesia saat ini menyediakan berbagai paket data dengan harga yang berbeda-beda.

Masing-masing dari paket data tersebut dapat kamu pergunakan untuk berbagai kebutuhan. Misalnya seperti paket data internet begadang yang biasanya hanya dapat dipergunakan di tengah malam hingga pagi.

Disamping banyaknya berbagai manfaat yang bisa kita dapat dari internet, terdapat suatu masalah besar yang saat ini banyak dikeluhkan oleh masyarakat, yaitu masalah koneksi. Masalah pada koneksi biasanya terjadi pada gangguan sinyal yang buruk, misalnya tidak stabilnya sinyal bar atau perubahandari H+ menjadi Edge.

Edge merupakan jaringan terburuk dengan akses koneksi yang lambat di antara 3G dan H+ yang jauh lebih cepat. Jaringan tersebut biasanya didapat jika kamu sedang berada dalam jangkauan sinyal yang kurang baik, seperti daerah plosok, basemant, gedung, dan lainnya.

Masalah gangguan koneksi dapat terjadi di berbagai perangkat seperti modem, smartphone, dan sebagainya. Namun kali ini YaTekno akan terlebih dahulu memberikan tips untuk dapat menangani masalah koneksi pada smartphone, khususnya android.

Kita semua tahu, gangguan jaringan atau koneksi dapat mengganggu kita ketika mengakses berbagai hal secara online. Karena gangguan koneksi dapat menghambat proses loading atau tidak bisa sama sekali mengakses apapun.

Masalah Jaringan Edge Android
Nah, bagi kamu yang mengalami masalah koneksi khususnya selalu di jaringan Edge, nih YaTekno mempunyai beberapa tips untuk dapat menangani masalah tersebut!

1. Pertama, kamu harus menonaktifkan Data Seluler dan menghidupkan mode pesawat atau flight mode di status bar.

Data Seluler dan Flight Mode di Status Bar

2. Setelah itu, kamu bisa langsung melakukan restart pada androidmu. Kemudian hidupkan kembali Data Seluler dan nonaktifkanlah mode penerbangan,

Data Seluler Android
3. Setelah kamu merestart dan masih berada di jaringan Edge, maka kamu harus melakukan beberapa pengaturan. Kamu bisa langsung menuju Jaringan lainnya > Jaringan Seluler.
4. Pilihlah Operator Jaringan berdasarkan dengan kartu yang kamu gunakan. Kamu dapat memilih secara otomatis atau mencari jaringan yang tersedia.
5. Jika sudah, rubahlah Mode Jaringan yang tadinya hanya GSM menjadi WCDMA saja atau WCDMA/GSM (sambungan otomatis).
6. Pastikan kamu juga sudah melakukan pengaturan pada Nama Poin Akses atau APN seperti gambar berikut.

Pengaturan APN Android
7. Aturlah APN sesuai dengan provider yang kamu gunakan. Pada gambar di atas admin menggunakan kartu 3. Nah, untuk mengetahui pengaturan APN dari setiap provider, maka kamu bisa mencarinya di internet.
8. Setelah melakukan beberapa pengaturan yang berkaitan dengan jaringan, maka kamu bisa langsung merestart kembali androidmu.

Jika kamu beruntung, maka kamu akan langsung mendapatkan jaringan dengan jangkauan H+. Namun jika kamu masih berada dalam jaringan Edge, maka alternatif lainnya adalah dengan mengganti kartu dengan provider yang cocok dengan jangkauan sinyal yang bagus di daerahmu.