Begini Cara Merekam Game di Android Sebagai Video (No Root)

advertisement
advertisement
Jika kita biasanya melakukan screen recording atau merekam aktifitas layar pada komputer, hal itu pun dapat di lakukan pada perangkat android. Seperti halnya komputer, alat pendukung untuk perekaman layar di android yaitu dengan mennggunakan bantuan aplikasi screen recording.

Screen recording merupakan sebuah kegiatan yang dilakukan oleh seseorang dalam melakukan akifitas rekaman pada layar (recording). Biasanya seseorang melakukan hal ini untuk beberapa kepentingan, seperti membuat video tutorial, review game, dan lain-lain.

Banyak sekali aplikasi perekam layar di android yang secara cuma-cuma dapat kita unduh dengan gratis melalui PlayStore. Namun kebanyakan dari aplikasi tersebut memiliki persyaratan khusus agar pengguna dapat menjalankan aplikasinya. Persyaratan tersebut tidak lain dan tidak bukan yaitu akses root. 

Jika kita harus merelakan android kita untuk di root terlebih dahulu tentu sangat disayangkan. Karena secara langsung telah menghilangkan garansi ponsel. Ada beberapa aplikasi perekam layar di android yang tidak membutuhkan akses root untuk dapat digunakan oleh pengguna. Tentunya aplikasi tersebut juga tersedia secara gratis.

Namun YaTekno kali ini akan mengulas salah satu aplikasi perekam layar android terbaik yang bisa digunakan tanpa akses root. Aplikasi tersebut bernama AZ Screen Recorder. Aplikasi ini telah banyak digunakan oleh jutaan pengguna android khususnya para gamer dalam merekam aktifitas bermain game di android.

Screen Recording Game Android (No Root)
Banyak sekali kelebihan-kelebihan yang bisa kamu dapatkan dalam aplikasi ini nantinya. Untuk lebih spesifiknya, langsung saja simak ulasan berikut.

AZ Screen Recorder - No Root

AZ Screen Recorder adalah sebuah aplikasi perekam layar android terbaik yang tidak membutuhkan akses root. Kelebihan yang ditawarkan oleh aplikasi ini yaitu pengguna dapat merekam layar android tanpa batasan waktu. Hasil rekaman video yang telah kamu lakukan nantinya akan memiliki kualitas Full HD.

Memang hasil rekaman video tersebut nantinya mempunyai ukuran yang agak besar. Namun kamu tentu tidak akan kecewa dengan hasil dari rekaman tersebut, terutama pada gambar yang tajam dan jelas.

Selain itu, pengguna juga dapat mengatur resolusi video, frame-rate, dan lainnya yang bisa di atur sesukanya. Kelebihan lain yang ditawarkan oleh aplikasi ini yaitu pengguna bisa merekam layar android dengan melakukan pemberhentian sejenak atau jeda.

Tidak seperti umumnya aplikasi gratisan yang memiliki banyak iklan dimana-mana. Aplikasi ini menawarkan penggunanya untuk tetap nyaman dalam melakukan recording karena bebas dari iklan yang mengganggu.

Aplikasi perekam layar android ini akan berjalan sangat baik dan tidak lag meskipun androidmu tidak dalam keadaan di root. Tapi tentunya spesifikasi androidmu juga harus mendukung agar proses recording tetap berjalan tanpa adanya lag.

Aplikasi ini sangat cocok bagi kamu para gamer yang ingin membuat review game atau sekedar untuk merekam saja. Perlu kamu tahu, aplikasi ini dapat berjalan dengan mulus jika pengguna telah memiliki android dengan OS versi 5.0 Lollipop.

Untuk lebih jelasnya dalam menggunakan aplikasi recording ini, kamu bisa melihat langkah-langkah berikut.
AZ Screen Recorder Android - No Root


Cara Merekam Layar Android dengan Az Screen Recorder

  • Pasang terlebih dahulu aplikasi Az Screen Recorder di androidmu. 
  • Jika sudah, langsung saja buka aplikasinya kemudian tap "Setting".
  • Pada bagian "Video Configuration", pilihlah resolusi yang paling tinggi sesuai dengan spesifikasi androidmu. Jangan memaksakan jika spesifikasi androidmu rendah namun ingin mencoba resolusi yang tinggi.
  • Setelah itu, kamu tap pada bagian "Audio Configuration", lalu aktifkan mode tersebut agar nantinya suara kamu juga dapat terekam.
  • Aturlah waktu atau timer sesuai dengan kebutuhan recording kamu. 
  • Jika semua pengaturan sudah kamu tetapkan, kamu bisa langsung tap tombol "Start" untuk memulai melakukan recording.
  • Selanjutnya kamu bisa langsung membuka game yang ingin kamu rekam. Secara otomatis aplikasi ini langsung merekam semua pergerakan atau aktifitas saat kamu bermain game.
  • Nah, untuk menghentikan proses rekaman, kamu bisa langsung menyentuh tombol kecil berwarna merah yang berada dibawah sebanyak dua kali. Dengan begitu maka proses rekaman telah dihentikan.

Hasil rekaman tersebut secara otomatis akan tersimpan dalam galeri androidmu. Semoga aplikasi recorder tersebut dapat mempermudah dan memenuhi berbagai kebutuhanmu. Enjoy!

Sampaikan tanggapan & pertanyaanmu via kolom komentar di bawah ini:

Post a Comment