Inilah Cara Mudah Menonaktifkan Aplikasi Sementara di Android

advertisement
advertisement
Kita tahu bahwa banyak sekali aplikasi android yang memiliki beragam fungsi yang bermanfaat, mulai dari aplikasi chatting, penunjuk arah, dan masih banyak lagi. Tentu aplikasi tersebut dapat dengan mudah kita unduh secara gratis melalui PlayStore.

Selain banyaknya aplikasi penting yang berguna, para pengguna android juga banyak yang mengeluhkan aplikasi itu sendiri. Keluhan yang sering di utarakan oleh pengguna yaitu aplikasi yang telah di instal di android banyak yang menghabiskan penggunaan RAM dan daya baterai. 

Salah satu faktor penyebab banyaknya penggunaan RAM dan daya baterai yaitu adalah karena aplikasi yang berjalan. Wajar saja jika aplikasi tersebut menguras RAM dan baterai, karena secara langsung aplikasi tersebut akan memberikan notifikasi secara berkala sehingga kinerja android akan tetap terus berjalan.

Aplikasi android yang biasanya banyak menguras penggunaan RAM dan daya baterai seperti BBM, Line, Instagram, dan masih banyak lagi. Walaupun kegunaan dari aplikasi tersebut sangatlah penting, namun jika itu berdampak pada kinerja android kita tentu akan menjadi sebuah masalah.

Nah, kamu tidak perlu khawatir akan hal itu. Ada sebuah aplikasi android bernama Mobiwol yang dapat menangani masalah tersebut. Apa saja kelebihan yang bisa kamu dapatkan dari aplikasi ini? Ini dia ulasannya.

Mobiwol: NoRoot Firewall

Mobiwol: NoRoot Firewall
Mobiwol merupakan sebuah aplikasi firewall android yang memiliki fungsi dalam mengatur penggunaan data serta wifi yang diminta oleh setiap aplikasi. Dengan menggunakan aplikasi ini, kita dapat dengan mudah menonaktifkan aplikasi yang sedang berjalan yang membutuhkan koneksi internet seperti Line, BBM, WhatsApp, Instagram, dan lain-lain.

Kamu tidak perlu mematikan paket data internet untuk menonaktifkan aplikasi yang ingin kamu matikan. Karena cara kerja aplikasi ini yaitu dengan melakukan pemblokiran kepada aplikasi yang ingin kamu nonaktifkan. Cara kerjanya hampir sama ketika kamu melakukan pemberhentian paksa atau Force Close pada aplikasi android.

Nah, cara penggunaan aplikasi ini bisa kamu ikuti langkah-langkah berikut.
  • Unduh terlebih dahulu aplikasinya secara gratis melalui PlayStore.
  • Kemudian buka aplikasinya lalu tap ON pada "Firewall Status".
  • Selanjutnya tap "Firewall Status" kemudian ketikkan aplikasi yang ingin kamu pilih untuk di nonaktifkan.
  • Disana akan terlihat 2 jenis ikon, yaitu ikon Data dan Wifi. Jika ikon tersebut berwarna biru, maka aplikasi yang akan kamu pilih tersebut bisa mengakses internet.
  • Nah untuk menonaktifkannya, kamu bisa langsung melakukan tap pada kedua ikon tersebut. Maka secara otomatis aplikasi yang kamu pilih akan berubah warna menjadi hitam pada ikon Data maupun Wifi. Dengan begitu, aplikasi yang telah kamu pilih berhenti mengakses internet dari penggunaan Data maupun Wifi.
Dengan melakukan langkah tersebut, kamu masih tetap bisa mengakses aplikasi yang lainnya. Jika kamu ingin menonaktifkan aplikasi lainnya, maka lakukan seperti langkah di atas. Cukup mudah bukan cara menonaktifkan aplikasi secara sementara di android. Kini kamu tidak perlu khawatir penggunaan RAM yang dapat menguras baterai android secara cepat.

Sampaikan tanggapan & pertanyaanmu via kolom komentar di bawah ini:

Post a Comment