Top 20 Game Strategi Offline untuk Android Terbaik 2017

advertisement
advertisement
Di Google Play Store, kita temukan banyak sekali game android dengan berbagai genre. Salah satu jenis game yang sangat amat populer hingga saat ini adalah strategy.

Kepopuleran genre tersebut tidak bisa dipungkiri karena kemunculan beberapa game besar seperti Clash of Clans dan Vainglory. Tentu saja 2 contoh game strategi tersebut hanya bisa dimainkan secara online.

Bagi kamu penyuka genre strategi yang irit kuota internet, tenang saja, nyatanya cukup banyak juga game offline dari genre tersebut yang bisa kamu pilih dan mainkan.

Untuk itu, YakTekno kali ini telah mengumpulkan 20 game android bergenre strategi yang bisa dimainkan secara offline yang didukung dengan fitur canggih dan gameplay seru sehingga tetap menyenangkan walaupun dimainkan tanpa koneksi internet. Apa saja daftarnya? Mari simak ulasan berikut...

1). Mushroom Wars: Space!

Mushroom Wars: Space!
Dalam Mushroom Wars, kamu bertugas mengendalikan segerombolan jamur untuk melawan segerombolan jamur lainnya dan juga makhluk aneh seperti alien. Tujuannya, agar kamu bisa menguasai daerah seluas mungkin.

Untuk sekelas game strategi, Zillion Whales selaku developer menggarap game ini dengan cukup simple namun variatif. Dalam game ini, pemain akan diuji untuk berpikir secara kreatif dan bersabar demi bisa memenangkan permainan.

2). Castle Doombad Free-to-Slay

Castle Doombad Free-to-Slay
Castle Doombad merupakan game yang mengusung 2 genre sekaligus; strategy dan tower defense. Jangan harap dalam game ini kamu akan menjadi pahlawan super yang selalu membela kebenaran. Justru sebaliknya, kamu berada di pihak penjahat.

Tugasnya, mencegah manusia yang datang untuk menyelamatkan sang putri yang kamu tangkap. Nantinya, sang putri yang kamu tangkap akan dibawa ke lantai paling atas. Sedangkan manusia yang akan menyelamatkannya, muncul dan beraksi dari lantai bawah.

Kamu mempunyai beberapa tipe serangan yang bisa digunakan, beberapa di antaranya yakni; busur panah, jebakan yang bisa menjatuhkan musuh kembali ke lantai dasar, dan makhluk raksasa yang dapat menahan serangan.

3). Plants vs. Zombies 2

Plants vs Zombies 2
Game android bergenre casual yang juga melibatkan elemen action-strategy ini digarap oleh salah satu top developer yang namanya saya yakin sudah tidak asing lagi ditelinga kita, dia adalah Electronic Arts.

Dalam Plants vs. Zombies 2, sebenarnya gameplay yang disajikan tidak jauh berbeda dengan versi pertamanya kalau sebelumnya kamu pernah memainkannya. Kamu mempunyai rumah yang harus dilindungi dari serangan para zombie. Hal berbeda dan lebih menantang dari PvZ 2 ini akan kamu rasakan ketika ingin maju ke setiap levelnya.

4). Defend Your Life

Defend Your Life
Game android berjenis strategi yang bisa dimainkan secara offline ini merupakan besutan Alda. Di dalam permainan ini kamu mempunyai tugas penting, yaitu seorang komandan yang akan bertarung melawan musuh agar mereka tidak bisa menghancurkan sistem pertahananmu.

Tentunya dengan begitu kamu harus mempunyai taktik jitu agar bisa mengalahkan musuh. Selain itu, kamu juga perlu memperkuat prajurit, membangun bangunan dan mengupgradenya, dan berbagai langkah lainnya.

5). Steampunk Tower

Steampunk Tower
Kalau kamu menginginkan sebuah game yang mengusung genre tower defense, maka game android yang berdiri di bawah naungan Chillingo ini layak kamu coba mainkan.

Tidak hanya itu, elemen strategi juga turut hadir dalam game android gratis ini karena kamu harus memikirkan strategi ampuh bagaimana caranya mempertahankan tower dari serangan musuh yang datang dari berbagai arah.

6). Colossatron

Colossatron
Colossatron adalah sebuah game aksi buatan Halfbrick Studios yang akan memberimu peran sebagai alien yang akan menghancurkan segalanya termasuk menyerang manusia di bumi.

Ya, jika di kebanyakan game kamu menjadi pahlawan pembela kebenaran, hal berbeda akan kamu lakukan di sini, karena kamu akan menjadi orang jahat. Alien yang kamu mainkan berupa ular besi raksasa yang bisa menghancurkan apa saja yang berada dihadapannya.

7). Alien Creeps TD

Alien Creeps TD
Game strategi offline yang satu ini bernama Alien Creeps TD, sebuah permainan tower defense yang menyuguhkan pertempuran seru melawan segerombolan musuh yang mencoba menghancurkan bumi, dan tugasmu di sini tentunya adalah melindungi bumi dari serangan alien.

Outplay Entertainment Ltd adalah sang developer dibalik suksesnya permainan ini sehingga menjadi game strategi nomor 1 dilebih dari 30 negara di dunia. Karena gameplaynya seru, tidak heran mengapa game ini mempunyai rating 4,4 dan review yang baik pula dari pemain. So, permainan ini tidak boleh kamu lewatkan bagi kamu pecinta game strategi.

8). Little Commander

Little Commander
Kalau kamu mengidam-idamkan sebuah game tower defense yang melibatkan elemen strategi dengan visual yang hampir sama dengan game "Command & Conquer", maka Little Commander yang dikembangkan oleh Cat Studio HK ini layak coba dimainkan.

Karakter yang ada di dalam game android gratis ini dikemas dengan gaya kartun yang lucu sehingga cukup menghibur untuk sebuah permainan peperangan melawan segerombolan serangan musuh yang cukup merepotkan.

9). Hills of Glory 3D

Hills of Glory 3D
Hills of Glory adalah sebuah game strategi besutan AMA LTD yang sangat unik karena hadir dengan gaya game peperangan zaman dulu sehingga akan membuat pemainnya bernostalgia. Di dalam game offline ini kamu akan menjadi pasukan yang berperang dari dalam bunker, jadi kamu tidak akan berperang keluar secara langsung.

Tentu tugasmu adalah menjaga bunker tersebut agar tidak hancur dari serangan musuh yang bisa datang dari segala arah. Caranya adalah dengan menembak hingga meminta serangan melalui udara.

10). Tentacle Wars

Tentacle Wars
Game strategi offline yang satu ini menyajikan gameplay unik. Selaku developer, FDG Entertainment GmbH & Co.KG menyuguhkan permainan perang micro organisme.

Penjelasan mudahnya adalah tugasmu dalam permainan ini harus menginfeksi sel-sel lain agar dapat bertahan hidup, namun masalahnya sel-sel tersebut tidak diam saja, sehingga kamu harus berusaha untuk itu. Jika tidak, maka sel-sel lain tersebut yang malah menginfeksi kamu sehingga game over.

11). Guns'n'Glory Zombies

Guns'n'Glory Zombies
Game strategi yang terakhir ini adalah hasil garapan HandyGames, salah satu top developer asal Jerman.

Cerita game ini sangat seru, di mana banyak orang-orang mati yang bangkit dari kubur dan menjadi zombie. Segerombolan zombie tesebut tentu akan menyerang kamu dan kamu pun harus menghadapinya menggunakan senjata termasuk tembakan.

Menariknya, seluruh isi permainan termasuk karakter yang ada di dalamnya ini di desain dengan gaya animasi kartun sehingga menyenangkan dan sangat berbeda dari game zombie kebanyakan.

12). Stick War: Legacy

Stick War: Legacy
Pernah bermain game bertemakan stickman sebelumnya? Jika iya, maka kamu tidak akan asing lagi dengan bentuk karakter unik yang ada dalam game Stick War: Legacy ini. Dalam game ini, kamu ditugaskan untuk mengendalikan pasukan dengan formasi maupun strategi khusus guna mengalahkan musuhmu.

Berbagai macam jenis senjata bisa kamu gunakan disini, mulai dari pedang, tombok, panah, dan masih banyak lagi. Pada intinya, kamu dituntut untuk menghancurkan semua wilayah musuhmu serta mengalahkan boss disetiap level-nya.

13). Realm Defense: Hero Legends TD

Realm Defense: Hero Legends TD
Buat kamu yang pernah bermain game bertemakan tower defense, ada game serupa yang wajib untuk kamu mainkan, Realm Defense: Hero Legends TD namanya. Mengenai gameplay-nya, game garapan Balbetime ini menyediakan berbagai macam karakter yang mempunyai kekuatan unik guna membantu pertahananmu, sebut saja Archer misalnya.

Konsep permainannya yang seru serta banyaknya level yang tersaji dalam game ini tentu bakal membuatmu tidak cepat bosan saat memainkannya. Coba sekarang juga!

14). Chess Free

Chess Free
Dari sekian banyaknya game catur yang ada di Google Play, mungkin Chess Free adalah yang terbaiknya. Memiliki fitur yang lengkap serta ukuran yang ringan, game besutan AI Factory Limited ini tentu menjadi game catur terfavorit bagi mereka para pencatur pemula hingga profesional.

Game catur ini pun memiliki cara bermain yang sama dengan permainan catur pada umumnya. Yang menjadi pembeda mungkin dari segi fiturnya, seperti pilihan difficulty musuh, mode waktu bermain, dan lain sebagainya.

15). Tower King

Tower King
Sesuai dengan judul gamenya, disini kamu dituntut untuk melindungi tower atau menara milikmu dengan berbagai cara. Tersedia lebih dari 20 peta yang menyajikan berbagai tema menarik, hingga 12 jenis menara spesial yang bisa kamu gunakan untuk menghadang musuh yang menyerang wilayah kekuasaanmu.

Game berjudul Tower King ini tentu sangat direkomendasikan sekali buat kamu yang sedang mencari game strategi offline namun ringan. Untuk pengguna android versi 2.3 (Gingerbread) pun bisa menikmatinya.

16). Kingdom Rush

Kingdom Rush
Kingdom Rush merupakan sebuah game strategi yang mengangkat tema permainan tower defense. Cara bermainnya pun tidak jauh berbeda dengan game serupa. Banyak misi seru dan menantang yang akan kamu hadapi nanti, seperti menghadang wave demi wave monster dengan artileri pasukan dan towermu.

Game ini sendiri mempunyai 4 jenis tower yang mempunyai kemampuan berbeda, mulai dari Archer Tower, Millitia Barracks, Mage Tower, dan Dwarven Bombard. Menariknya lagi, kamu juga bisa memanggil prajurit dari desa atau meteor dari langit untuk membantu pertahanan pasukan-pasukanmu. Keren bukan?

17). Classic Bomber Legend

Classic Bomber Legend
Hadir dengan konsep permainan klasik, game legendaris yang satu ini tentu akan membuatmu nostalgia dengan game berjudul Boomberman. Cara bermainnya pun cukup mudah, dimana kamu hanya perlu menaruh bom dititik-titik tertentu untuk memusnahkan musuh yang ada.

Bom akan otomatis meledak setelah beberapa detik. Untuk itu kamu harus mampu mengendalikan sang karakter agar bom tersebut tidak membunuhmu. 

18). Cartoon Wars

Cartoon Wars
Cartoon Wars merupakan sebuah game yang menggabungkan unsur tower defense dengan genre-genre lain. Namun pada intinya game dengan sudut padang kamera 2D ini mengharuskanmu untuk membuat pola formasi berupa pertahanan.

Terdapat lebih dari 20 senjata maupun pasukan yang nantinya bisa kamu upgrade, seperti kastil, senjata, maupun item. 

19). 2020: My Country

2020: My Country
Game strategi berikutnya menyajikan konsep permainan membangun sebuah kota metropolis yang mengharuskanmu untuk mengelola traffic pada kota tersebut. Diantara tugas-tugas yang akan kamu lakukan nanti seperti membangun gedung, jalanan, dan lain sebagainya.

Namun pada intinya kamu harus bisa membuat kehidupan warga setempat menjadi bahagia dengan infrastruktur yang kamu bangun. Tertantang untuk mencobanya?

20). Tower Crush

Tower Crush
Seperti yang terlihat dalam screenshot di atas, game berjudul Tower Crush ini menugaskanmu untuk membangun 1 menara yang dapat memuat hingga 6 lantai. Nah, menara yang kamu bangun ini tentu buka sembarang menara.

Dimana kamu harus membuat menara tersebut sekuat mungkin dengan perbekalan senjata canggih, mulai dari roket, senapan mesin, penyembur api, dan masih banyak lagi. Meski terdengar simpel, nyatanya game ini memiliki 250 tingkatan atau level yang harus kamu selesaikan.

Lihat juga: 10+ Judul Game RPG Offline Terbaik di Android

Itulah daftar game strategi offline terbaik 2017 untuk android yang bisa didapatkan gratis. Jangan ragu untuk memberikan rekomendasinya lewat kolom komentar ya, kalau game favoritmu saat ini belum tercantum dalam daftar di atas. Happy gaming!

Sampaikan tanggapan & pertanyaanmu via kolom komentar di bawah ini:

  1. Replies
    1. Thanks Gunawan untuk koreksinya.

      Daftar game di atas sudah diupdate. Summoner wars diganti dengan Castle Doombad. Dan juga, ada Mushroom Wars untuk tambahannya...

      Delete