Cara Mudah Mengatasi Memori Internal yang Penuh di Android (Low On Space)

advertisement
advertisement
Seperti halnya komputer, androidpun memiliki sebuah penyimpanan memori atau yang biasa disebut dengan memori internal. Ponsel android tentu memiliki memori internal yang beragam, dari yang rendah hingga yang tinggi.

Kamu bisa memilih ponsel android yang memiliki memori internal yang rendah jika hanya digunakan untuk bersocial media. Namun jika kamu ingin melakukan aktifitas gaming, social media, dan sebagainya, tentu kamu harus memiliki memori internal yang tinggi. Karena memori internal sendiri yang akan menjadi daya tampung data dari aplikasi yang kamu instal pada ponsel android.

Bagi pengguna android yang memiliki memori internal rendah, tentu sering kali mendengar yang namanya Memori Internal Penuh (Low On Space). Masalah tersebut biasa dialami bagi pengguna android yang memiliki aplikasi banyak namun memaksakannya diinstal di ponsel android yang memiliki memori internal rendah.

Penyebab masalah Low On Space pada android biasa disebabkan karena kita terlalu banyak menyimpan aplikasi atau file di android. Atau hal ini juga bisa disebabkan karena kita mengabaikan Cache aplikasi atau file sampah pada android.

Low On Space Internal Android

Jika kamu mengalami masalah tersebut. Berikut adalah cara mengatasi memori internal yang penuh (Low On Space) di android:
  1. Pertama, lihat aplikasi apa saja yang telah kamu instal pada android. Hapus aplikasi yang tidak terlalu penting atau tidak digunakan. Tapi ingat, tidak harus menghapus aplikasi bawaan dari ponsel android tersebut.
  2. Kedua, Pindahkan aplikasi file music, foto, dan lainnya di memori eksternal atau SD Card. Jangan sampai masih ada yang tersimpan dalam memori internal.
  3. Ketiga, Kalau biasanya kita menghapus aplikasi pada android, tentu tidak jarang menyisahkan berkas sampah atau cache. Silahkan hapus saja folder yang tidak berguna itu.
  4. Keempat, Hapus semua cache aplikasi pada android.
    Caranya buka setting > aplikasi > atur aplikasi > selanjutnya pilih aplikasi dan Clear Cache atau Clear Data. Perlu diingat, menghapus cache bukan berarti kamu menghapus instalan aplikasi tersebut, hanya saja menghapus berkas sampah yang mungkin menumpuk pada aplikasi tersebut. Untuk berjaga-jaga, pastikan kamu menghafal id dan password pada aplikasi yang ingin kamu lakukan penghapusan cache.
  5. Terakhir, Restart android.

Setelah kamu melakukan langkah-langkah diatas, biasanya notifikasi atau pemberitahuan memori internal penuh akan hilang pada status bar android. Jika kamu tidak ingin ribet melakukan penghapusan data secara manual, kamu bisa menggunakan aplikasi Clean Master yang berfungsi dalam hal tersebut. Selamat mencoba dan semoga berhasil!

Sampaikan tanggapan & pertanyaanmu via kolom komentar di bawah ini:

Post a Comment