Cara Saya Mengirim Aplikasi/Game yang Sudah Terinstal di Android

advertisement
advertisement
Mengirim file melalui Bluetooth tentu sudah tidak asing lagi dilakukan ke sesama pengguna android lainnya. Kita biasa melakukan aktifitas transfer file seperti musik, dokumen, dan lain-lain.

Dengan memanfaatkan adanya Bluetooth dalam ponsel android, kita tidak perlu repot-repot mengambil file dari android teman atau android kita sendiri. Menggunakannya pun cukup mudah dilakukan dan dimengerti bagi pengguna android pemula. Selain itu, tidak jarang juga kita mentransfer file dari hasil unduhan melalui internet.

Bagi pengguna android, mengirim sebuah file atau aplikasi ke sesama pengguna android adalah hal yang mudah dilakukan. Pengguna android awam pun dapat melakukan aktifitas tersebut. Yang jadi permasalahannya adalah bagaimana ketika kita ingin mengirim aplikasi atau game yang telah terinstal dalam android yang kita miliki.

Masalahnya ialah kita juga melakukan unduhan aplikasi tersebut melalui Google PlayStore. Jika melalui internet, tentu biasanya akan mempunyai file unduhan yang belum di instal dan dapat dibagikan.

Aplikasi android

Untuk dapat mengirim aplikasi atau game yang telah terinstal, kamu tidak perlu ambil pusing untuk dapat melakukan aktifitas ini. Hanya dengan menggunakan sebuah aplikasi, kamu dapat dengan mudah mengirimkan file .APK dari aplikasi atau game yang telah di instal pada android.

Aplikasi seperti ini juga sudah banyak digunakan pengguna android. Jadi kamu tidak perlu repot melakukan unduhan aplikasi yang sama dalam android yang berbeda. Karena kamu dapat dengan mudah membagikan aplikasi tersebut melalui Bluetooth atau melalui komputer.

Langkah mengirim file aplikasi atau game android

  1. Pertama, kamu terlebih dahulu mengunduh aplikasi Clean Master melalui Google PlayStore.
  2. Sesudah mengunduh dan menginstal, Buka aplikasi Clean Master kemudian menuju bagian "App Manager".
  3. Centang aplikasi mana saja yang ingin kamu BackUp atau jadikan .APK.
  4. Kemudian pilih BackUp dan tunggu hingga proses selesai.
  5. Untuk dapat melihat Hasil BackUp, Biasanya dengan menuju File Manager > Semua > Penyimpanan Perangkat > Clean Master > BackUp.
  6. Jika ingin mengirim Aplikasi yang telah kamu BackUp, kamu hanya perlu mengaktifkan Bluetooth dan mengirimnya seperti biasa.
  7. Selesai.

Kamu juga dapat melakukan aktifitas diatas tanpa menggunakan aplikasi Clean Master. Alternatifnya adalah kamu juga bisa menggunakan aplikasi SHAREit. Aplikasi ini mempunyai fungsi yang sama pula.

Hanya saja pengguna android yang ingin kamu kirim file harus mempunyai aplikasi SHAREit juga. Kelebihan aplikasi SHAREit adalah mengirim file berupa aplikasi atau game jadi lebih cepat daripada melalui Bluetooth.

Itulah cara mengirim aplikasi atau game android yang sudah terinstall. Kini kamu tidak harus mengunduh aplikasi atau game yang telah ada dalam ponsel android milik teman atau milik sendiri. Tinggal kamu pilih kedua cara diatas, melalui aplikasi Clean Master atau melalui aplikasi SHAREit.

Sampaikan tanggapan & pertanyaanmu via kolom komentar di bawah ini:

  1. Aplikasi game saya dr memori internal mau saya pindah ke memori external,stlh slsai proses pemindahan,saya buka game nya kok ga bisa??? Padahal kapasitas memori external sy msh banyak/ besar.Hal ini sering terjadi,akhirnya saya harus mendownload ulang dan memulai game dari awal/ level terrendah.Mohon petunjuknya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pas waktu gamenya dijalankan, muncul notifikasi seperti apa?

      Delete