2 Cara Mengembalikan File Foto yang Terhapus di Android

advertisement
advertisement
Saat ini hampir seluruh ponsel android pasti sudah mempunyai fitur kamera. Kamera pada android tidak hanya berguna untuk berfoto saja, namun bisa dilakukan untuk mengabadikan rekaman gambar bergerak atau yang biasa disebut dengan video.

Dengan hasil gambar yang akan kita publish ke social media, tentu kita akan mempertimbangkan terlebih dahulu mana saja gambar yang ingin kita upload. Jika gambar tersebut bagus, maka akan mendapat sanjungan oleh pengguna social media tersebut.

Tidak jarang pengguna android lalai terhadap hasil foto yang mereka abadikan. Salah satu hal yang biasa terjadi adalah masalah pada sebuah foto yang terhapus secara tidak sengaja. Jika hal ini terjadi, tentu kita sangat menyesali perbuatan yang telah kita lakukan apabila foto tersebut sangat berharga.

Memang jika dilakukan secara tidak sengaja apa boleh buat. Nasi sudah menjadi bubur, dan tidak bisa dikembalikan lagi. Sebenarnya masalah ini dapat kita tangani, yakni dengan mengembalikan foto yang sudah terhapus tadi.

Nah, untuk mengembalikan file atau foto yang telah terhapus tersebut, kamu membutuhkan PC atau laptop sebagai alat untuk menjalankan programnya. Berikut 2 cara mengembalikan file foto yang terhapus di android


1). Menggunakan Recuva 

Salah satu program atau software yang telah di percaya oleh jutaan pengguna smartphone untuk me-restore file mereka yaitu Recuva. Software yang dirancang oleh Piriform ini memiliki kemampuan handal dalam mengembalikan data-data yang terhapus, baik itu sengaja maupun tidak di sengaja.

  • Pertama, download dan install Recuva di PC atau laptop kamu.
  • Lalu sambungkan kartu memori androidmu dengan USB PC/Laptop kamu menggunakan Card Reader.
  • Jika sudah, jalankan software tersebut. Jika muncul tampilan seperti dibawah ini, pilih Next.
  • Pilih salah satu opsi, jika kamu ingin mengembalikan semua jenis file yang telah terhapus maka pilih yang "All Files", lalu tekan Next.

  • Selanjutnya tentukan lokasi file yang ingin kamu cari. Dengan cara pilih "In a specific location", setelah itu tap Browser dan pilih lokasi file. Kemudian klik Next.
  • Kemudian centang pada bacaan "Enable Deep Scan", lalu klik Start untuk memulai proses pengembalian file.
  • Tunggu hingga proses pemindaiannya selesai.
  • Jika proses pemindaiannya telah selesai, kamu akan disuguhkan oleh daftar file yang telah terhapus. Tombol warna hijau menandakan file bisa di kembalikan, sedangkan merah berarti tidak bisa.
  • Pilih file mana saja yang ingin kamu restore, jika sudah langsung saja klik tombol Recover. Selesai!

2). Menggunakan Data Recovery

1. Unduh program Data Recovery di sini.
2. Kemudian instal di komputer atau laptop karena program tersebut .exe. Jika sudah, sambungkan android dengan perangkat komputer melalui kabel data.
3. Pastikan sudah connect Device to PC.
Android Connect To PC


4. Lakukan langkah seperti gambar berikut.
Enable USB Debugging

5. Jika perangkat device kamu sudah terdeteksi, langsung saja klik start.
Device Android Detected


6. Pilih type file mana yang ingin kamu telusuri.
Type File Android
7. Pilih standard mode, kemudian pilih "scan delete files". Tunggu hingga proses scan file selesai.
Scan File
8. Jika sudah, perhatikan apakah file yang kamu cari berada dalam daftar yang berada pada content.
Content File
9. Pilih file mana saja yang ingin dikembalikan, jika sudah kamu bisa langsung mengembalikan dalam proses recovery. Tunggu hingga proses pengembalian selesai.

Sangat mudah bukan untuk menangani masalah seperti diatas. Sebenarnya kita bisa mengembalikan File tidak hanya foto saja, misalnya seperti video, musik, dan lain-lain. Selamat mencoba, semoga berhasil!

Sampaikan tanggapan & pertanyaanmu via kolom komentar di bawah ini:

Post a Comment