Cara Menjadikan HP Samsung Sebagai Modem di PC

advertisement
advertisement
Koneksi internet merupakan salah satu hal yang wajib yang harus ada dalam perangkat android. Jika smartphone tersebut tidak mempunyai akses koneksi ke internet, pengguna tentu tidak bisa melakukan hal-hal bebas seperti bermain social media, streaming, dan lain-lain.

Jika kita mempunyai sebuah Laptop dan perangkat android, tidak jarang pengguna android memanfaatkan kecanggihan dari smartphone ini. Hal yang biasa dilakukan oleh pengguna android ialah dengan memanfaatkan koneksi internet android dengan membaginya ke laptop, atau disebut dengan Hotspot Seluler.

Kegunaan dari Hotspot Seluler ini yaitu membantu pengguna laptop jika tidak mempunyai perangkat USB Modem maka bisa memanfaatkan android sebagai media Hotspot atau akses share koneksi internet.

Selain dapat membagikan koneksi melalui jaringan wireless, android juga bisa membagikan koneksi internet melalui USB Cable. Caranya cukup mudah, kamu hanya perlu membutuhkan sebuah kabel data yang cocok dengan android yang kamu gunakan. Lalu masukkan kabel data dari komputer ke android untuk dijadikan sebagai meida Hotspot.

Hotspot Cable Android
Nah yang jadi pertanyaannya ialah, bagaimana jika pengguna android ingin melakukan Hotspot Seluler ke komputer? tentu hal ini pun bisa saja dilakukan. Tapi tidak dengan cari membagikan koneksi internet melalui jaringan wireless android, namun dengan menggunakan akses internet ke komputer melalui USB Cable.

Kamu hanya memerlukan sebuah software yang perlu di instal di komputer agar dapat terhubung dengan USB Cable android ketika sedang mengkoneksikan internet dari android. Software tersebut bernama Samsung USB Driver.

Sebelumnya, apa itu Samsung USB Driver dan kegunaannya?

Samsung USB Driver adalah sebuah software atau perangkat lunak yang berfungsi sebagai alat penghubung ponsel samsung android dengan komputer/laptop. Software ini biasa digunakan sebagai media transfer data android atau juga Hotspot Cable android ke komputer/laptop. Software ini bisa di instal pada windows.

Cara Menjadikan HP Samsung Sebagai Modem di PC (Hotspot Cable)

  1. Siapkan satu buah kabel data yang berkualitas dan perangkat komputer. 
  2. Download dan instal software Samsung USB Driver pada komputer kamu. Kamu bisa mengunduh software tersebut melalui XDA Developer.
  3. Jika sudah, sambungkan kabel data dari android ke komputer hingga muncul pemberitahuan di android dan di komputer bahwa telah tersambung kedua perngkat tersebut.
  4. Lalu menuju Pengaturan > Penambatan dan Hotspot Seluler > Penambatan USB.
  5. Jika kabel data yang kamu gunakan cocok dengan komputer, maka Penambatan USB akan muncul.
  6. Centang Penambatan USB, selesai.

Terkadang beberapa kabel data sering mengalami masalah tidak terhubung dengan android yang kamu miliki. Maka dari itu, gunakanlah kabel data berkualitas atau original agar dapat menghubungkan perangkat android ke komputer dengan baik.

Itulah cara menyambungkan internet dari HP Samsung ke PC/laptop untuk dijadikan sebagai modem WiFi. Dengan memanfaatkan Hotspot melalui kabel, kini kamu tidak memerlukan perangkat modem sebagai akses perangkat koneksi internet pada komputer.

Sampaikan tanggapan & pertanyaanmu via kolom komentar di bawah ini:

Post a Comment