3 Aplikasi Canggih untuk Test Perangkat Hardware pada Android

advertisement
advertisement
Seperti halnya komputer, android juga memiliki perangkar keras atau hardware yang tertanam dalam ponsel canggih tersebut. Untuk melakukan sebuah pengecekan hardware jenis apa yang tertanam pada ponsel android, kita tentu tidak perlu repot-repot melakukan pembongkaran terlebih dahulu untuk dapat mengetahui jenisnya.

Kita dapat dengan mudah mengetahui jenis processor, jumlah RAM, dan masih banyak lagi hanya dengan melakukan pengetesan perangkat hardware pada android dengan sebuah aplikasi.

Bagi pengguna android awam, tentu dapat menambah wawasan dan ilmu dalam perangkat android. Beberapa aplikasi pengetesan perangkat hardware pada android dapat memberikan kita informasi, seperti Informasi mengenai hardware, sensor, performa audio, dead pixel, keterangan baterai android, suhu android, multi touch, dan masih banyak lagi informasi yang kamu tidak ketahui lainnya.

Yang pasti aplikasi tersebut sangatlah bermanfaat untuk menguji seberapa kuat kinerja ponsel android yang kamu miliki.

Jika pada perangkat komputer, kita tentu kenal dengan sebuah software yang bernama AnTuTu Tester. AnTuTu juga tersedia untuk perangkat android. Aplikasi ini dapat mengetahui performa dapur pacu dari processor android secara mendetail.

Kamu dapat dengan mudah mengetahui pencapaian skor lengkap bersama pembanding, dengan demikian tentu kamu dapat mengetahui seberapa tangguh ponsel android yang kamu miliki.

Ada banyak aplikasi canggih lainnya selain AnTuTu Tester, tentunya dapat kamu unduh secara gratis untuk perangkat android melalui Google PlayStore. Untuk lebih jelasnya simak daftar aplikasi test hardware perangkat android dibawah ini.

1. Phone Tester

Phone Tester
Aplikasi test hardware yang pertama adalah aplikasi yang bernama Phone Tester. Phone Tester ini berfungsi untuk menguji perangkat hardware android kamu. Tidak hanya itu, Phone Tester juga menyediakan pengetesan test wifi, telephone, GPS, camera, battery, system information, dan sensor. Tentu aplikasi canggih ini dapat kamu unduh secara gratis melalui Google PlayStore.

2. AnTuTu Tester

AnTuTu Tester
Aplikasi yang kedua adalah aplikasi yang sudah sangat populer dalam melakukan pengetesan perangkat hardware android, aplikasi tersebut bernama AnTuTu Tester. Aplikasi ini dikembangkan oleh Developer ternama yaitu AnTuTu.

Aplikasi ini berfungsi untuk melakukan uji kemampuan pada smartphone dengan smartphone terbaru. Dengan menggunakan aplikasi ini, kamu juga dapat mengetahui Performa ruang pacu secara lengkap bersama nilai skor untuk perangkat hardware pada android. Tentu masih banyak lagi fitur canggih yang tersedia dalam AnTuTu Tester ini.

3. CPU-Z

CPU-Z
Bagi pengguna komputer yang sering memperhatikan spesifikasinya, tentu sudah tidak asing lagi dengan CPU-Z. Seiring perkembangan teknologi, CPU-Z dikembangkan untuk perangkat android. Aplikasi buatan CPUID ini dapat dengan mudah membantu kamu dalam mengetahui spesifikasi secara detail pada perangkat hardware android yang kamu miliki.

Tidak hanya itu, aplikasi ini juga mampu mengetahui seberapa cepat kinerja processor dari android. Informasi yang akan kamu dapat ketika menggunakan aplikasi ini diantaranya seperti, mengetahui spesifikasi hardware yang meliputi berbagai hal mengenai processor, memory, sistem operasi yang digunakan, dan masih banyak lagi.

Lihat juga: Cara Mengatasi Penggunaan RAM di Android yang Berlebihan

Dengan demikian, kamu dapat melakukan pengetesan hardware pada perangkat hardware android yang kamu miliki. Sebenarnya masih banyak lagi aplikasi canggih yang berfungsi sama dengan aplikasi diatas. Tetapi ketiga aplikasi diatas merupakan aplikasi test perangkat Hardware yang rekomendasi dan banyak digunakan oleh pengguna android diseluruh dunia.

Sampaikan tanggapan & pertanyaanmu via kolom komentar di bawah ini:

Post a Comment