Nih, Gunakan Aplikasi Android BPJSTK Mobile untuk Kepentingan Jamsostek

advertisement
advertisement
Masyarakat Indonesia pada umumnya mempunyai sebuah jaminan kesehatan yang bernama BPJS. BPJS itu sendiri merupakan kepanjangan dari Badan Penyelenggara Jaminan Sosial. Pemerintah membuat kebijakan seperti ini dengan tujuan agar memberikan jaminan kesehatan kepada masyarakat.

Dengan adanya jaminan kesehatan oleh BPJS, hal ini bertujuan untuk memberikan perlindungan kesehatan kepada masyarakat agar setiap pengguna peserta jaminan kesehatan ini mendapatkan manfaat yang diperoleh dari pemeliharaan kesehetan.

Tersedia urutan kelas yang bisa digunakan oleh masyarakat yang nantinya akan dipergunakan untuk perawatan, di antaranya ada kelas I, II, dan III. Masing-masing dari kelas tersebut tentu mempunyai kelebihan dan kekurangannya. Tarif yang telah ditetapkan oleh pihak BPJS untuk masing-masing kelas cukup beragam, di antaranya kelas III dengan harga Rp 25.000, kelas II dengan harga Rp 42.500, dan untuk kelas I seharga Rp 59.500.

Nah, demi mempermudah masyarakat dalam menggunakan layanan BPJS. Maka pihak BPJS membuat sebuah aplikasi BPJSTK Mobile. Untuk lebih jelasnya mengenai aplikasi tersebut, mari simak ulasan berikut.

BPJS Ketenagakerjaan Mobile
BPJSTK Mobile merupakan sebuah aplikasi yang dikembangkan oleh pihak BPJS demi melayani kepentingan jaminan kesehatan masyarakat. BPJSTK itu sendiri merupakan kepanjangan dari Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Ketenagakerjaan. Masyarakat yang menggunakan aplikasi ini diharapkan dapat mengetahui informasi mengenai media pelayanan BPJS Ketenagakerjaan.

Aplikasi ini juga rutin di update apabila ada informasi baru mengenai pelayanan jaminan kesehatan. Sebelum menuju layanan utama, kamu perlu mengisi formulir registrasi. Nomor Registrasi tersebut di antaranya berisi No.KPJ, No.KTP, Tanggal Lahir, Nama sesuai KTP, serta PIN.

Jika sudah melakukan langkah di atas, maka kamu bisa menuju layanan utama yang berisi informasi program jaminan kesehatan. Pengguna juga dapat melihat kantor cabang terdekat melalui fitur yang tersedia dalam aplikasi ini.

BPJS Ketenagakerjaan Mobile
Informasi program yang tersedia dalam aplikasi ini juga cukup lengkap, di antaranya informasi mengenai Jaminan Hari Tua (JHT), Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK), Jaminan Kematian (JKM), dan Jaminan Pensiun (JP).

Dengan begitu, pengguna diharapkan dapat mengetahui serta memahami informasi yang telah ditetapkan oleh pihak BPJS. Jika mempunyai masalah mengenai jaminan kesehatan, kamu juga dapat menghubungi Contact Center melalui email ataupun sms.

Nah, fitur apa saja sih yang bisa kamu gunakan dalam aplikasi BJSTK Mobile ini?

1. Pengguna dapat melakukan pendaftaran data kependudukan dengan mudah melalui fitur yang ada.
2. Pengguna juga dapat melakukan cek saldo mengenai Jaminan Hari Tua (JHT) secara cepat.
3. Adanya simulasi perhitungan Jaminan Hari Tua (JHT) yang dapat masyarakat lihat secara online melalui aplikasi ini.
4. Terdapat pula informasi program, informasi pusat layanan dan sosial media, dan informasi kantor cabang.

Dengan adanya fitur tersebut, pengguna aplikasi BJSTK diharapkan dapat mengetahui informasi mengenai jaminan kesehatan dengan baik.

Jika dirasa aplikasi ini cukup membantu, maka kamu bisa menggunakan aplikasinya dengan mengunduhnya secara gratis melalui Google PlayStore. Nah, langsung saja gunakan BPJSTK Mobile demi mempermudah mendapatkan informasi yang berkaitan dengan program pelayanan kesehatan.

Sampaikan tanggapan & pertanyaanmu via kolom komentar di bawah ini:

Post a Comment