Cara Mengatasi Sinyal Paket Data Seluler yang Tidak Muncul

advertisement
advertisement
Sinyal paket data merupakan hal yang penting yang harus ada dan aktif pada smartphone kita. Jika sinyal paket data tidak muncul, maka otomatis kita tidak bisa terhubung atau terkoneksi dengan internet pada smartphone kita. Dampaknya sendiri yaitu secara langsung internet kita mati total atau tidak berfungsi sama sekali.

Seiring perkembangan zaman, jaringan internet yang dikeluarkan oleh berbagai provider semakin berkembang, contohnya saja baru-baru ini kita sering mendengar sebutan 4G LTE. Dimana 4G LTE ini ada sinyal paket data tercepat di antara yang lainnya. Diantaranya 3G, Edge, HSPDA, dan lain-lain.

Disini YaTekno akan memberikan sedikit tips, bagaimana sih cara mengembalikan sinyal paket data yang hilang di android? Jawabannya bisa!

Tidak ada yang tidak mungkin apabila kita ingin berusaha untuk melakukannya. Tentu caranya sangat mudah sekali. Kamu bisa langsung mempraktekkan tips yang YaTekno berikan pada ulasan berikut.

Sinyal Paket Data Seluler Android Hilang

Bisa kamu lihat dalam gambar di atas, disitu terlihat sinyal paket data tidak muncul, bukan sinyal bar yang bergaris. Biasanya sinyal paket data muncul disebelah Sinyal Bar, Misalnya 3G, HSDPA, 4G, dan lain-lain.

Kejadian hilangnya sinyal paket data seperti ini biasanya disebabkan oleh berbagai faktor, misalnya sehabis kamu mengganti Custom ROM atau ketika baru saja kamu membeli Provider baru. Tentu bagi orang awam mengenai android akan merasa sangat kebingungan untuk mengatasi masalah ini.

Berikut cara memperbaiki sinyal paket data hilang:

1. Pastikan kartu sudah terpasang dengan baik dan benar pada android.

2. Jangan lupa Centang juga sinyal paket datanya. Settings > Mobile Networks > Use Packet Data (Dicentang).
Data Seluler Android

Sinyal paket data sudah dicentang, tapi kok belum muncul juga sinyal paket datanya?

3. Coba gunakan mode Flight Mode atau mode pesawat. Tujuan dari Flight Mode agar koneksi internet kamu dapat merefresh atau kembali seperti semula ketika kamu mengaktifkannya kembali.

Sudah melakukan cara tersebut tetapi belum muncul juga sinyal paket datanya?

4. Oke baik, jangan putus asa dulu. Ini cara terakhir yang menurut saya bakal ampuh. Silahkan kamu pergi ke Settings > Mobile Networks > Access Point Names > Buat New APN. Disitu nanti kamu disuruh memasukkan APN internet, setiap kartu tentu berbeda-beda settingannya.

Pengaturan APN Android

Pada gambar di atas settingan APN telah terisi dengan benar. Nah, jika punya kamu masih kosong atau belum terisi, kamu bisa melihatnya melalui link berikut ini.

5. Jika APNnya sudah terisi dengan benar, silahkan tekan Back dan kemudian Exit.

6. Lihatlah, sinyal paket data sudah muncul kembali.

Sinyal Paket Data Seluler Android

Mungkin bagi yang sudah melakukan tips diatas, namun sinyal paket datanya masih belum muncul juga, itu bisa di sebabkan dari berbagai hal. Misalnya karena adanya akses root pada androidnya, atau bisa juga Kernel androidnya yang bermasalah.

Lihat juga: 

Itu dia cara mudah untuk memunculkan sinyal paket data android Edge/3G/HSDPA atau 4G LTE yang hilang. Selamat mencoba dan semoga berhasil.

Sampaikan tanggapan & pertanyaanmu via kolom komentar di bawah ini:

  1. Thanks bro ini sangat membantu, hp sya yg tadinya gak ada sinyal internetnya sekrang dah bsa

    ReplyDelete
  2. Saya pilihan mobile networknya biat ganti apn nya malah juga ga bisa kebuka. Itu kenapa ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Di delete dulu coba APN nya. Terus buat APN baru. Kemudian isilah sesuai dengan provider yang kamu gunakan. Berikut daftar APN semua operator.

      http://www.yatekno.com/2016/11/setting-konfigurasi-apn.html

      Delete
  3. q sdh lakuin smu smpai gonta gnti apn msh jga g muncul.. hp root solusinya gmn broo..

    ReplyDelete
  4. udah diakuin semua min,tapi tetep min, mungkin mimin punya cara lainnya min?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pastikan APN Internet telah terisi dengan benar. Boleh tau tipe HP dan kartunya apa?

      Delete
  5. Udah dilakuin semua cara yg di sarankan tapi ko blm bisa jg ya min?? Saya Pake hp Samsung galaxy E7 kartu XL.. tolong di bantu y min.. terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pastikan kalau kamu telah mengisi APN dengan benar dan sesuai dengan provider yang digunakan.

      Jika sudah, aktifkan mode Airplane (mode pesawat), restart HP, nonaktifkan mode pesawat, lalu aktifkan Paket Data Seluler.

      **Konfigurasi APN Kartu XL**

      APN: www.xlgprs.net
      Username: xlgprs
      Password: proxl

      Delete
  6. bro nanya dong...hape gw udah 3 hari sinyal internet ga muncul...terakhir ga muncul pas gw ganti simcard baru..gw emang terbiasa buat ganti2 simcard...gw udah coba sampe 3 nomor untuk mastiin kalo masalah bukan di simcard/providernya...sinyal buat nelpon & sms ny ada dan slalu full bar...cuma sinyal internet nya doank yg kagak muncul2...gw udah capek setting APN. restart, mode airplane berkali2 tatapi tetap gak fix masalahnya...udah hard reset juga, tetap ga bisa...apakah mungkin ini simcard reader gw yg bermasalah??....tapi ini hape gw bisa detect nomor nya kok, sinyal selalu full bar, nelpon sama sms lancar...hanya sinyal internet seperti 3g/4g/h+/h nya aja yg ngilang

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gak masalah mau gonta-ganti kartu berapa kali juga, asalkan APN Internetnya terisi dengan baik dan benar sesuai dengan kartu yang digunakan.

      Coba SIM Card yang agan punya pasangin di HP temen.
      Kalo misalkan sinyal internet 3G/4G/H+ nya muncul, berarti SIM Card Reader di HP agan yang bermasalah.

      Oh ya, HP agan dalam keadaan Root atau tidak?

      Delete
  7. Bro gua mau tanya dong, kok data seluler gua gk nongol ya ??
    Udah gua setting ulang APN berkali" tapi tetap gak bisa.
    Signalnya full 3G nongol. Data selulernya gak nongol.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba handphonenya di reset agar seperti baru lagi. Sebelumnya pastikan kamu telah membackup file-file penting yang ada di memori internal ke memori eksternal (microSD).

      Nah, setelah itu coba setting APN Internet dengan benar sesuai dengan kartu yang kamu gunakan. Semoga berhasil.

      Delete
  8. mas bro, saya udah lakuain seperti mas bro bilang, tapi tetap saja hasilnya gak bisa juga, tapi kalau kartu lain muncul jaringannya. saya pakai kartu 3, gimana mas ada masukan lagi gak??? sayang baru beli masa gak kepakek.

    ReplyDelete
    Replies
    1. SIM Cardnya jenis Nano bukan? Kalau iya, coba ikutin tips di artikel ini.

      http://www.yatekno.com/2016/08/simcard-nano-tidak-terbaca.html

      Delete
  9. Gan mau tanya.. gimana klo simpati. Hape saya sama dengan punyanya agan. Tpi internet telkomselnya gak bisa. Gak ada tanda konek ? Bagaimana solusinya gan? Mohon bantuannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Di pengaturan jaringan, buat APN baru. Isi settingan APNnya seperti ini.

      APN: telkomsel atau internet
      Username: wap
      Password: wap123

      Delete
  10. gan hape ane kalau kartu telkomsel tidak mau muncul tanda H+ nya sedangkan kalau kartu XL H+nya bisa muncul itu gimana solusinya ya gan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo agan pake Dual-SIM pada satu handphone, biasanya harus salah satunya yang ngalah. Misal, hanya 1 SIM bisa yang digunakan sebagai jaringan internet.

      Untuk cara mengaturnya masuk ke Setelan > Kartu SIM & jaringan Seluler > gulirkan layar ke bawah > Di bagian internetnya pilih SIM 1 atau SIM 2.

      Delete
  11. Saya beli kartu perdana 3 tp tdk muncul jaringan internetnya, d hp sudah ada setingan 3gprs tdk bisa, udh bikin baru lg spt yg diisi d atas juga tdk muncul, kira2 dmana lg salahnya min?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mungkin terjadi kerusakan pada Software handphone atau kartu SIM.

      Cara mengatasinya.
      1). Coba ganti kartu SIM kamu ke operator lain untuk memastikan apakah kerusakan disebabkan karena kartu 3 yang kamu punya sebelumnya atau karena handphonenya.

      2). Kalau kartu SIM operator lain sinyalnya tidak terdeteksi juga, kemungkinan disebabkan karena kerusakan Software di handphone-mu.

      Untuk itu, kamu hanya perlu mereset ulang HP agar kembali seperti baru lagi (Note: Data di backup dulu).

      Delete
  12. Min saya pake hp samsung grand prime, dan saya udh pakai cara yang admin sampaikan. Namun sinyal masih tetap belum muncul bagaimana solusinya ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pastikan APN Internet yang diisi sudah benar dan sesuai dengan kartu yang kamu gunakan.

      Jika masih tetap tidak muncul sinyalnya, lakukan factory reset agar ponsel seperti baru lagi (Data di backup terlebih dulu).

      Delete
  13. Sy beli perdana simpati internet...d lokasi 4g sinyal internet muncul..tapi saat di lokasi 3g sinyal internet hilang...bisa dibantu.?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Di pengaturan jaringannya, jangan pilih yang Prefer LTE.

      Delete
  14. Mas mau nanya dong sayakan sudah beli kartu telkomsel ko jaringan H+ gak mau muncul sedangkan jaringan 4G bisa muncul. Cara mengitasinya gmna yah supaya jaringan H+ muncil :"(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Di pengaturan jaringannya, jangan pilih yang Prefer LTE. Pilih yang prefer 3G.

      Delete
  15. Mas nanya,hp xiaomi saya ,,tidak muncul bar panah data seluler nya,tapi kalo di hidupin data selulernya internet jalan,cuma panah nya gak muncul ,jadinya gak tau itu jaringan 3g apa 4g

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah, baru melihat saya kejadian seperti ini mas.

      Coba aktifkan mode Airplane terlebih dahulu, kemudian restart HP lalu nonaktifkan mode Airplane kemudian hidupkan kembali paket data seluler.

      Jika masih tidak muncul, bisa saja hal tersebut karena bug dari versi ROM yang digunakan. Mas bisa downgrade atau mengupgradenya.

      Delete
    2. Udah saya coba berkali kali,tetep ga keluar,,kalo di upgrade atau downgrade 4g ny aman gak yah

      Delete
    3. Asal pemilihan versi MIUI nya tepat dan proses penginstalannya benar pasti aman.

      Mungkin bisa dikonsultasikan ke MIUI Indonesia Forum perihal kendala tersebut, soalnya saya pengguna Samsung jadi kurang begitu tahu mengatasi hal seperti itu.

      Delete
  16. Alhamdulillah gan...Muakasiihh banget,akhirnya visa... Tambah sukses gan :D

    ReplyDelete